Motor listrik

mesinsakti.blogspot.com - Motor listrik adalah alat elektronik yang bisa mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dengan cara berputar. Motor listrik yang dapat menghasilkan energi mekanik itu dapat dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan manusia seperti misalnya penggerak mesin pencacah rumput , penggerak mesin press , penggerak mesin pencacah plastik , kipas angin , pompa air dan lain sebagainya




mengenal prinsip kerja motor listrik
Penampang motor listrik 

Gambar diatas adalah contoh sebuah motor listrik, penampang sebuah motor listrik yang kini banyak dijumpai di pasaran, pada gambar diatas terdapat beberapa bagian dari sebuah motor listrik yakni :
  • Power supply , fungsinya untuk memberikan sumber listrik
  • Cooling fan , fungsinya sebagai pendingin  udara.
  • Bearing , berfungsi sebagai dudukan poros / as dari sebuah motor listrik.
  • Terminal box, fungsinya sebagai tempat menyimpan atau ruangan kecil yang terdapat pada sebuah motor listrik disana banyak sambungan kabel-kabel.
  • Pulley, sebagai penghubung antara motor listrik dengan peralatan seperti mesin pencacah pelepah kelapa sawit, conveyor bandara, conveyor pabrik dan lain sebagainya.


Untuk menambah pengetahuan kita tentang bagaimana sebuah motor listrik bekerja mari kita perhatikan video berikut ini :





Bagaimana Motor Listrik bekerja ?

Secara umum hampir semua motor listrik bekerja dengan cara yang sama yakni bekerja atas dasar magnetik, artinya gulungan kawat yang dialiri listrik akan menimbulkan medan magnetik. secara detail perhatikan ulasan berikut ini :
  1. Medan listrik jika antara kutub yang sejenis akan saling tolak menolak, artinya jika kutub magnet utara bertemu kutub utara maka ia akan saling menolak, begitu juga sebaliknya.
  2. Medan listrik jika antara kutub berlawanan jenis maka ia akan saling tarik menarik, maksudnya jika kutub utara di dekatkan dengan kutub selatan maka akan saling tarik menarik.

magnet sebagai prinsip kerja pada motor listrik

Jika kita perhatikan pada gambar diatas itu adalah sebuah motor listrik sederhana, di bagian tengah akan ada sebuah poros dimana gulungan tembaga dililitkan , gulungan tembaga atau kawat tersebut dihubungkan pada arus listrik , sedangkan disisi kanan kirinya di tempelkan sebuah magnet yang mempunyai kutub  utara dan selatan. disaat lilitan kawat yang melekat pada poros as tersebut dialiri sebuah arus listrik maka akan timbullah sebuah medan listrik, disaat timbul medan listrik itulah kita dikembalikan lagi pada prinsip dasar dari cara kerja medan magnet yakni, jika sejenis maka ia akan saling tarik menarik , sebaliknya jika berlawanan jenis maka ia akan tolak menolak. 

0 komentar:

Post a Comment