Saturday, August 29, 2015

Cara kerja mesin shredder

Cara kerja mesin shredder
Mesin shredder 


Mesinsakti.blogspot.com - Mesin shredder merupakan mesin yang didesign khusus untuk mencabik semua benda, umumnya mesin shredder ini  bekerja dengan menggunakan pisau yang berbentuk roller, dan pisau ini akan lebih dari satu. Bagi limbah yang siap untuk didaur ulang, untuk mengurangi volume yang besar,  bisa dikecilkan terlebih dahulu dengan cara mecabik-cabik sehingga menjadi serpihan kecil-kecil. ( Baca juga : Desain mesin shredder )

Cara kerja mesin shredder

Cara kerja mesin shredder ini kita mulai dari motor penggerak . Setelah motor penggerak dinyalakan, maka motor penggerak ini dengan bantuan pulley dan v-belt akan menggerakkan gear box,  dari gearbox ini putaran motor listrik yang awalnya  dengan RPM 1440 ini oleh gearbox akan diturunkan menjadi  hanya 10-20 RPM, Setelah putaran diturunkan oleh gearbox maka putaran radi dengan bantuan pulley dan rantai akan diteruskan ke pisau/roller . posisi dari pisau itu sendiri berada di dasar hoper, sehingga ketika kita memasukkan limbah , maka akan dicabik oleh pisau.

Komponen mesin shredder

Setelah kita mengetahui secara singkat bagaimana mesin shredder bekerja, berikut ini saya akan menjelaskan bagian-bagian dari mesin shredder ;

Motor penggerak
Motor penggerak ini bisa berupa motor listrik atau juga bisa dengan menggunakan mesin diesel , motor penggerak ini fungsinya sebagai sumber tenaga untuk memutar pisau,  tenaga yang dihasilkan oleh motor listrik atau mesin diesel ini akan diteruskan ke gearbox dengan menggunakan v-belt.

Gear box
Merupakan piranti penting dalam sebuah mesin shredder yang fungsinya untuk mengubah tenaga dari motor penggerak dari putaran tinggi menjadi putaran pelan, namun mempunyai kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan  besarnya tenaga yang dihasilkan secara langsung dari motor penggerak.

Pisau mesin shredder
Merupakan  sebuah komponen yang terdapat pada sebuah mesin shredder, pisau disini tidak sama dengan pisau yang digunakan pada mesin penghancur plastik , kalau pisau mesin penghancur plastik bentuknya rata atau berbentuk seperti bilah , akan tetapi pada mesin shredder ini bentuknya bulat, dan dalam setiap sisi dari pisau shredder ini ada sebuah coakan yang dibagi dalam beberapa bagian.

V-belt
Merupakan salah satu komponen yang tak kalah pentingnya dalam sebuah mesin shredder, v-belt  berfungsi untuk meneruskan tenaga dari motor penggerak ke gear box.  dengan menggunakan gear box ini juga akan mengubah jumlah RPM yang tinggi menjadi rendah , namun mempunyai kekuatan yang lebih besar.

Rantai
Dalam hal ini rantai berfungsi untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan dari gearbox menuju ke roller / pisau.  kami menggunakan rantai sebab tenaga yang diperlukan untuk memutar pisau perlu tenaga yang ekstra kuat.

Hoper

Merupakan salah satu komponen yang terbuat dari plat besi dengan ketebalan plat 2-3 mm , ini fungsinya adalah untuk memasukkan aneka macam limbah, dan bentuk dari hoper mesin shredder ini dibuat seperti piramida terbalik, fungsinya adalah agar semua limbah mengarah ke pisau mesin shredder. 

1 comment: