Sunday, August 30, 2015

Mesin pemecah batu | crusher stone

Mesinsakti.blogspot.com -  Mesin pemecah batu ini adalah dalam bahasa indonesia, sedang dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan sebutan crusher stone, atau rock stone , itu sama saja , keduanya berfungsi untuk mengubah batu yang berukuran besar menjadi batu yang kecil-kecil. cara kerja dari crusher stone ini ada beberapa cara yakni :

Sistem jaw ( rahang )


Alat ini bekerja dengan cara seperti rahan gigi kita memecah biji-bijian, yaitu menggunakan dua buah material keras ( tentu saja lebih keras dari batu ) dan dua buah rahang tersebut di pertemukan pad suatu jarak tertentu , sehingga batu yang mempunyai ukuran lebih besar dari jarak terkecil tadi akan digencet dengan menggunakan rahang tadi, sedangkan untuk material batu yang ukurannya lebih kecil dari jarak terkecil dari kedua rahang tadi akan lolos. mesin crusher stone ini digerakkan dengan menggunakan  power yang berasal dari motor listrik atau ada juga yang menggunakan mesin diesel, power yang berasal dari motor listrik atau mesin diesel ini diteruskan ke mesin pemecah batu dengan menggunakan v-belt yang dihubungkan oleh Pulley.  dan bagian-bagian dari mesin penghancur batu model rahang ini mempunyai bagian-bagian seperti berikut ini :
  1. Motor penggerak.
  2. Pulley
  3. V-belt
  4. Rahang diam
  5. Rahang gerak
  6. Flywheel
  7. Eccentric shaft and bearing
  8. Groove block assembly
  9. Toogle
  10. Drawback rod

Sistem roller

Mesin pemecah batu / rock crusher Pada sistem roller ini bekerja dengan cara membacok batu yang masuk lewat hoper , kemudian batu akan dibacok satu persatu sehingga batu yang tadinya berukuran besar akan di pecahkan menjadi kecil-kecil , sama juga seperti pada mesin mesin pencacah batu model rahang / jaw , alat ini juga digerakkan dengan menggunakan motor listrik atau ada juga yang menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya .  hanya saja kelemahan dari sistem roller ini adalah pisaunya lebih cepat tumpul ketimbang sistem jaw / rahang , sebab pada sistem rahang tidak menggunakan pisau.

Sistem hammer 

Sistem hammer ini kebanyakan dimiliki oleh pabrik - pabrik besar , biasanya mesin pemecah batu ini dipadukan dengan tangki silo ,artinya batu yang sudah hancur jadi serbuk kemudian dengan menggunakan sistem blower atau conveyor di kirim ke tangki silo . Kelebihan yang dimiliki oleh sistem hammer ini adalah bisa menghancurkan batu hingga menjadi serbuk atau tepung .

No comments:

Post a Comment