Thursday, September 3, 2015

Bank sampah

Bank sampah


Perlu kita ketahui hampir semua manusia di muka bumi ini mengeluarkan sampah, terutama di kota-kota besar,  ribuan ton sampah dihasilkan oleh mereka, hasilnya timbunan gunung sampah yang tak terkendali, dan 4 dari 5 lima sumur di Jakarta sudah terinfeksi dengan bakteri . Berikut ini data-data produksi sampah di kota-kota besar di Indonesia :
  • Bandung menghasilkan 2000 ton per hari
  • Surabaya menghasilkan 1500 ton per hari
  • Medan  menghasilkan sampah 1300 ton per hari
  • Yogyakarta menghasilkan sampah 1100 ton per hari
  • Jakarta menghasilkan sampah 6000 ton per hari .

Solusi mengatasi  sampah

Mengingat begitu banyaknya sampah yang dihasilkan di kota-kota besar , sebagai solusinya adalah dengan mendirikan bank sampah. Bank sampah merupakan salah satu lembaga yang terstruktur, yang dibentuk oleh masyarakat dan juga beranggotakan masyarakat.  Bank sampah ini menerima setoran sampah dari masyarakat sekitar tempat bank sampah itu sendiri,  setiap penyetor sampah akan di hargai dengan sejumlah uang, untuk setiap nasabah dari bank sampah ini akan diberikan buku tabungan yang berisi tentang nama, nomor induk, tanggal penyetoran sampah, jenis sampah yang disetor, jumlah sampah yang disetor .



Mekanisme mendirikan bank sampah.

  • Membuat organisasi
Yang namanya suatu kegiatan mendirikan sebuah bank sampah,  itu tidak bisa kita lakukan sendiri, harus bekerja sama dengan orang lain, harus terstruktur, atau terorganisasi, ada manager, bendahara, divisi penimbangan, divisi pencatatan dan divisi pengepakan. Nanti dari masing-masing divisi akan mengerjakan tugasnya masing-masing. 

  • Bekerja sama dengan pengepul
Sampah-sampah yang kita terima dari masyarakat sekitar, nantinya kita akan timbang, dicatat dan dihargai dengan uang untuk diberikan pada nasabah penyetor sampah. Sedangkan sampah-sampah yang telah kita terima dari nasabah akan kita kirimkan ke pengepul. Oleh pengepul semua limbah tersebut akan dikirim lagi ke pabrik atau ada juga yang diolah sendiri seperti  limbah plastik akan dicacah menggunakan mesin pencacah sampah plastik , Sedangkan untuk limbah organik akan diolah menjadi pupuk kompos serta limbah kertas dan kardus akan diolah kembali menjadi kertas. Dalam mencari pengepul usahakan cari pengepul yang daya belinya stabil. 

  • Sosialisasi dengan masyarakat
Tujuan dari sosialisasi pada masyarakat ini tujuannya adalah untuk memberikan pencerahan dan informasi pada penduduk sekitar untuk menyetorkan sampah mereka pada kita, dan semua sampah atau limbah yang mereka setorkan akan diuangkan. Sosialisasi dengan masyarakat ini bisa anda lakukan mulai dari lingkup desa atau RT/RW .




1 comment:

  1. bank sampah adalah solusi mengatasi masalah tumpukan sampah

    ReplyDelete