Wednesday, October 21, 2015

Mesin pencincang daging

mesinsakti.blogspot.com - Mesin sakti spesialis jual dan rancang bangun mesin cincang daging, mesin ini tersedia dalam berbagai macam kapasitas, dan kami juga memberikan beberapa pilihan dalam hal sumber tenaga, maksudnya bisa menggunakan motor listrik dan juga bisa menggunakan mesin bensin. lebih jelasnya mesin cincang daging ini perhatikan gambar berikut ini : 

mesin pencincang daging
Mesin cincang daging 



Spesifikasi mesin cincang daging:

  • Penggerak : motor bensin 5 PK 
  • Rangka : UNP-50 
  • Dimensi / ukuran : 60 x 50 x 100 ( cm )

Pemesanan mesin cincang daging 

Hubungi mesin sakti - dengan alamat di :

  • Cimahi - Bandung Barat , Jawa barat . HP 087878633656 - 082330333556 
  • Desa Tenggun - Kec.Klampis - Kab.Bangkalan - Jawa timur 
  • email : fajariyahrahmidara@gmail.com


Tujuan dibuatnya mesin cincang daging 

Perhatikan gambar dibawah ini adalah tumpukan daging yang sudah dicincang, setelah di cincang makan akan berbentuk tekstur halus dan lembut , sehingga akan mudah untuk dikonsumsi , sebagaimana bentuk dan tekstur daging pada umumnya yang liat jika digigit.

Hasil mesin pencincang daging

Jika dulu untuk mendapatkan cincang daging ini dilakukan dengan di cincang menggunakan pisau , kini sudah tidak lagi, bagi kebutuhan sendiri di rumah bisa menggunakan pisau, tapi bagaimana jika kebutuhannya untuk dijual lagi , yang dalam sehari mencapai puluhan kilogram, tentu akan membutuhkan banyak waktu , dan mungkin saja pembeli kita akan keburu kabur meninggalkan kita karena kelamaan menunggu kita yang sedang mencincang daging. 

Dengan menggunakan alat ini akan mempermudah tugas kita dalam mencincang daging, dalam mesin ini kami melengkapi sumber tenaga sebesar 5 PK , bisa menggunakan mesin bensin atau bisa juga menggunakan motor listrik.  

Perlu diingat bahwa mesin ini hanya untuk mencincang daging saja, tidak boleh disatukan dengan tulangnya , sebab ada mesin lain lagi yang bisa menghancurkan antara daging dan tulang , jadi pastikan sebelum di masukkan ke dalam mesin ini harus dipisah dulu antara daging dan tulang , dagingnya dimasak untuk dijadikan makanan manusia sedangkan tulangnya dihancurkan menjadi tepung menjadi campuran pakan ternak .

Cara kerja mesin cincang daging 

Ini adalah sangat sederhana , hanya sebuah mesin yang dibuat khusus, dimana didalamnya sudah dilengkapi dengan ulir yang gunanya untuk mendorong daging dari bawah hoper untuk didorong ke depan menuju pisau , setelah daging melalui pisau pemotong , kemudian daging didorong lagi keluar menuju saringan yang akan mencetak daging bulat-bulat dan memanjang. 
sedangkan ulir itu sendiri digerakkan oleh sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin atau juga berasal dari motor listrik. 

Komponen mesin pencincang daging 

Tak ada yang istimewa dalam mesin ini, dan begitu juga dengan komponennya , semuanya sederhana , hanya terdiri dari beberapa hal saja: 
  • Motor pengggerak bisa berupa motor bensin atau motor listrik
  • Rangka , dalam hal ini kami menggunakan UNP-50 
  • Alat pencincang itu sendiri yang terdiri dari ; hoper , ulir , pisau pencincang , saringan dan body dari mesin pencincang itu sendiri. 

Baca juga : Mesin penepung biji - bijian 


Perawatan mesin pencincang daging 

Perawatan mesin pencacah daging ini sangat mudah , hanya meliputi 2 bagian yakni melalui perawatan motor dan perawatan alat pencincang daging itu sendiri, keterangannya seperti berikut ini
  1. Perawatan mesin penggerak , perawatannya tergantung dari jenis penggeraknya jika menggunakan motor bensin maka yang perlu dirawat seperti misalnya , penggantian filter udara secara berkala , ganti oli tepat waktu , dan pengecekan busi dan lain-lain sebagaimana mesin bensin pada umumnya. Sedangkan perawatan jika menggunakan motor listrik ini relatif simple , sebab tidak menggunakan oli , saringan dan komponen lainnya , yang perlu dijaga jika menggunakan motor listrik adalah kotoran dan grease , jangan sampai ada kotoran yang menumpuk di bagian rotor atau juga bearing , juga jangan lupa beri bearing , serta yang tak perlu dilupakan adalah bersihkan selalu terminal kabel, jangan sampai terjadi short karena kotoran . 
  2. Sedangkan perawatan selanjutnya adalah perawatan pada alat pencincangnya itu sendiri, alat pencincang itu dibuat dari bahan khusus sehingga tidak akan terkena karat, jika sore hari atau selesai menggunakan peralatan ini jangan lupa bersihkan , jika perlu gunakan air dan alirkan masuk dari hoper. buka saringan di bagian ujung dan bersihkan pisau, jangan sampai masih ada sisa daging yang masih menempel pada pisau, sebab jika ini terjadi maka keesokan harinya akan busuk dan jika langsung menggiling daging yang baru maka daging yang baru akan bercampur dengan daging busuk sisa kemarin, untuk itu selalu rajin membersihkannya. 

No comments:

Post a Comment