Tuesday, January 31, 2017

Desain membuat conveyor sederhana

Untuk membuat sebuah conveyor perlu design , seperti apakah nantinya akan dibuat , hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan kesalahan .


Informasi tentang conveyor bisa menghubungi 087878633656 - 082330333556 

Contoh desain mesin conveyor sederhana :


desain conveyor sederhana
Desain conveyor sederhana 

Gambar diatas merupakan desain yang paling sederhana dari sebuah mesin conveyor sederhana , disana yang diperlukan hanya berupa beberapa komponen yakni , roller drive dan support roll , penggerak serta belt . dan satu lagi yang sangat penting yakni rangka . 

Pengerak conveyor sederhana 


Perhatikan gambar diatas , yang menggerakkan belt itu hanya roll drive saja , dan roll drive inilah yang digerakkan oleh motor penggerak , biasanya motor penggerak tidak langsung ke roll drive akan tetapi di lewatkan dulu ke gearbox , dan contoh gearbox yang saya maksud seperti gambar berikut ini : 

Mesin penggerak conveyor



Tension / pengatur kekencangan belt conveyor 


desain conveyor terbaru

Pada prinsipnya conveyor ini sama dengan desain conveyor pertama diatas hanya saja yang membedakan adalah alat yang membuat tension beltnya berupa pemberat  pada gambar diatas dikenal Take-up pulley . namun ada juga conveyor lain yang mana tension beltnya menggunakan bearing yang bisa di geser- geser , kira - kira contoh gambarnya seperti berikut ini  . 


contoh desain sebuah konveyor

Pada gambar diatas merupakan contoh sebuah conveyor yang kami pasang di bandara husein - Bandung - Jawa barat , untuk mengencangkan beltnya kami menggunakan bearing yang bisa di geser - gerser . 

Video conveyor sederhana 

Pada video berikut ini kami juga melengkapi artikel kami dengan sebuah conveyor pabrik  , mesin ini pendek panjangnya hanya 2,5 meter , menurut si pemesan conveyor ini akan digunakan hanya untuk memasukkan benda ke dalam mulut mesin crusher . ( Baca juga : Pembuatan conveyor mini )




Desain mesin conveyor screw 


Desain conveyor screw
Desain conveyor screw 

Ini beda dengan conveyor sebelumnya , jika kebanyakan conveyor menggunakan belt , maka ini tidak , conveyor jenis ini menggunakan screw , dan screw itu diputar dengan menggunakan geared motor . 






No comments:

Post a Comment